BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 06 Juni 2010

Virus, Worm and Trojan

Virus, worm dan Trojan Horses semuanya adalah program yang dapat merusak komputer Anda, tapi ada perbedaan dari ketiganya, dan pengetahuan tentang perbedaan ini dapat membantu Anda dalam melindungi komputer Anda.

**Virus**
Virus komputer mengirim dirinya ke dalam sebuah program atau file supaya dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain, dan meninggalkan infeksi. Hampir sama dengan virus manusia, virus komputer dapat mengganggu atau merusak hardware, software atau file. Hampir semua virus adalah dalam bentuk “executable file”, artinya virus mungkin ada di komputer Anda tapi ia tidak bisa menginfeksi komputer jika Anda tidak menjalankan atau membuka program tersebut. Penting untuk diketahui bahwa virus tidak dapat menyebar tanpa campur tangan manusia, (seperti menjalankan program yang terinfeksi). Manusialah yang menyebar virus komputer, kebanyakan secara tidak sadar, dengan cara sharing file yang terinfeksi atau mengirim attachment virus via email.

**Worm**
Worm sedikit mirip dengan virus. Worm menyebar dari komputer satu ke komputer lain, tapi tidak seperti virus, ia mempunyai kemampuan untuk menyebar tanpa campur tangan manusia. Worm menggunakan fasilitas yang sudah ada di komputer, yang memungkinkan menyebar tanpa terdeteksi. Bahaya paling besar dari worm adalah kemampuannya untuk mereplikasi dirinya sendiri di sistem Anda, jadi komputer Anda tidak hanya menyebarkan sebuah worm, tapi ratusan bahkan ribuan replika worm tersebut, dan menyebabkan gangguan jaringan komputer. Contohnya, worm akan mereplikasi dirinya ke semua orang yang ada di daftar email address. Kebanyakan worm menyebabkan penuhnya memori komputer, dan menyebabkan Web server, network server dan personal komputer berhenti merespon.

**Trojan Horse**
Nama Trojan Horse diambil dari mitos Kuda Troya yang legendaris. Orang yang dikirimi Trojan biasanya terkecoh, karena Trojan biasanya tampil sebagai software yang berguna tapi ia akan merusak sistem jika Anda menginstallnya di komputer Anda. Begitu Trojan aktif di komputer Anda, dampaknya sangat beragam. Beberapa Trojan dibuat hanya untuk mengganggu saja daripada merusak (seperti mengubah desktop, mengganti icon yang konyol), atau mereka juga bisa menyebabkan kerusakan serius dengan cara menghapus file dan seluruh informasi di sistem Anda. Trojan juga terkenal dengan kemampuannya menciptakan backdoor di komputer Anda sehingga user yang tidak diinginkan dapat masuk ke dalam sistem. Tidak seperti virus dan worm, Trojan tidak dapat menginfeksi file lain dan juga tidak dapat mereplikasi dirinya.

**Blended Threat**
Dari ketiga jenis di atas, ada juga yang dinamakan Blended Threat. Blended Threat adalah perusakan campuran dengan kemampuan kombinasi antara Virus, Worm, Trojan Horse dan Malicious Code sekaligus dalam satu program. Blended Threat menggunakan server dan kelemahan Internet untuk menyebarkan serangan secara otomatis dan masif. Kombinasi dari tehnik ini menyebabkan Blended Threat menyebar dengan sangat cepat dan menyebabkan kerusakan secara luas. Ciri dari Blended Threat adalah : merusak, menggunakan kombinasi tehnik, dan menyerang target yang beragam.

Blended Threats adalah ancaman paling buruk bagi dunia keamanan komputer dibanding dengan virus, worm, dan Trojan Horse, terlebih lagi Blended Threats tidak memerlukan intervensi manusia dalam menyebar dan merusak.

**Menangani Virus, Worm dan Trojan Horses**

Langkah pertama untuk melindungi komputer Anda adalah pastikan Anda menggunakan Sistem Operasi (OS) yang up-to-date. Terutama jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Kedua, Anda harus memiliki sofware antivirus yang diinstall di sistem Anda dan pastikan terus diupdate. Ketiga, gunakan firewall untuk membatasi akses ke komputer Anda. Firewall bisa berupa sofware atau hardware. Hardware firewall adalah cara terbaik untuk membatasi akses dari jaringan luar, tapi, ketika harus berhadapan dengan virus, worm, dan trojan, hardware firewall tidak begitu efektif, dan lebih efektif sofware firewall.

Penting untuk diketahui bahwa firewall tidak sertamerta mencegah virus komputer. Dia hanya menambah keamanan extra pada komputer Anda jika dikombinasi dengan patch dan software antivirus.

0 komentar: